Monday, July 29, 2013

MAKANAN BISA PERPANJANG USIA








MAKANAN mempunyai peranan lebih penting daripada sekadar memenuhi rasa lapar.  Makanan berperanan dalam mencegah atau memperlambatkan terjadinya perubahan alamiah yang tak terhindarkan akibat bertambah usia.



Proses penuaan yang terjadi pada semua orang memang menjadi pemicu perubahan yang biasanya tidak kita sambut dengan gembira.  



Siapa pun dalam hatinya pasti lebih menyukai dirinya tetap tampil segar dan muda. Untunglah ada berita baik yang dibawa oleh para ilmuwan di bidang kedoktoran .  



Kalau memilih makanan dengan bijak selama masa dewasa, proses penuaan setidaknya dapat diperlambatkan, dicegah, bahkan dikembalikan.  Hasil akhirnya adalah usia panjang dengan kehidupan yang berkualiti.



BAGAIMANA BAIKNYA?



Umur makin bertambah tetapi ironisnya kemampuan sel-sel tubuh malah makin berkurang malah semakin menurun.  Penelitian pada binatang telah membuktikan bahawa dengan membatasi asupan kalori, usia binantang malah diperpanjangkan.  



Kalau prinsip itu diterapkan pada manusia, tentu kita berfikir alangkah baiknya kalau beban kerja sel-sel tubuh boleh juga dikurangi untuk mengimbang kemampuan kerjanya yang telah menurun.  Ternyata, kita harus hati-hati juga kalau mahu menerapkan prinsip itu pada manusia.



Pembatasan makanan yang sangat ketat dapat menyebabkan kekurangan gizi dengan akibat langsung datangnya berbagai penyakit dan akibatnya, proses penuaan malah dipercepatkan!. 



 Jadi, bagaimana baiknya?



Jawabnya, dibatasi boleh saja tetapi jangan keterlaluan.  Makan dalam jumlah sedang/cukup dengan mengutamakan makanan yang padat gizi, seimbang, bervariasi, dan kaya akan antioksidan.  Ini pola makan yang dianjurkan untuk menghadapai proses penuaan.  



Saranan  lain yang mudah diikuti: makanlah dalam jumlah sedikit tetapi sering kali.



Seberapa banyak meski mengurangi?  Tidak banyak, cukup 10 - 20 % dari kalori yang biasa kita ambil sudah akan menurunkan berat badan, lemak tubuh, dan tekanan darah serta meningkatkan kolesterol baik HDL.  Kalau semua itu dapat dicapai serta merta kita juga akan dijauhkan dari penyakit degeneratif atau menua.  



Bonusnya, kerja organ-organ tubuh juga diperingankan.  Agar kebutuhan zat-zat gizi terpenuhi tapi pengambilan terkontrol, penting  sekali memilih makanan yng padat gizi.  




Berkonsentrasi pada makanan yang padat gizi namun tetap cukup kalori berarti pula menghindari makanan dan minuman yang manis, berlemak dan beralkohol.  Pengambilan garam juga dibatasi 1 sudu teh sahaja sehari.



Sebetulnya mencari makanan yang mendukung keinginan untuk tetap awet muda itu mudah.  Soalnya, semua makanan yang dimakan dengan pola makan sihat dapat digolongkan sebagai makanan anti-aging.  Sebahagian besar berupa bahan makanan yang diperlukan untuk regenerasi sel-sel tubuh.



KARBOHIDRAT KOMPLEKS DAN SERAT



Sumber energi utama ini selalu diperlukan untuk, melindungi protein agar tidak digunakan sebagai sumber energi.  sumbernya ada di sekitar kita seperti kacang-kacangan, sayuran, biji-bijian, dan buah yang semuannya mengandungi banyak serat, vitamun dan mineral.  Untuk memenuhi keutuhan serat yang dianjurkan sudah barang tentu ada takarannya, iaitu makanlah sayur 3 - 5 prsi pe hari dan buah 2 - 4 kali perhari.  



Jangan lupa juga untuk memilih jenis karbohidrat yang lambat dalam meningkatkan kadar gula darah.  Itulah sebabnya kta  seharusnya menghindari makanan yang manis-manis ataupun gula sederhana seperti sirup, minuman ringan danlain-lain.



Nasi harus dimakan dalam jumlah cukup sesuai dengan aktiviti kita, anika gandum dan beras merah dapat menjadi pilihan kerana indeks glikemiknya rendah sehingga tidah mudah meningkatkan kadar gula dalam darah.  Sebaliknya, roti tepung-tepungan, dan pasta malah dikurangi kerana bahan makanan ini cenderung cepat menaikkan kadar gula dalam darah.



UTAMAKAN PROTEIN UNTUK REGENERASI SEL



Agar sejalan dengan penurunan kalori, pilihlah protein yang rendah kalori tetapi berkualitas tinggi seperti daging kurus, daging unggas, ikan dan telur, susu rendah lemak atau tanpa lemak dan kekacang.  




Protein penting untuk memperbaiki dan membuat sel-sel baru, ia bisa menjadi montir yang andal ketika memperbaiki dan membuat sel-sel baru, ia bisa menjadi tentara yang gigih saat berfungsi sebagai benteng pertahanan tubuh melawan penyakit, pun menjadi tukang bangunan yang tekun ketika mencegah berkurangan massa otot tubuh.



Tubuh langsing, kencang, kulit halus lembap tanpa kerut, dan bebas penyakit menjadi idaman setiap orang kususnya kaum wanita.  Beberapa penelitian menganjurkan untuk mengonsumsi protein kualitas tinggi sejumlah 1 g/kgberat badan. 



Maka jangan lupakan kedelai si penghasil fitoestrogen  yahg banyak  berperanan sebagai faktor anti-aging .  Anda pasti sudah tahu dari mana  kita dapat nenperoleh nya: tahu, tempe, susu kedelai dan lain-lain.



MINIMALKAN LEMAK DAN HINDARI LEMAK TRANS



Satu gram lemak menghasilkan 9 kilokalori, sedangkan protein dan karbohidrat 4 kilokalori.  Jadi, lemak patut di waspadai saat memilih makanan kerana dalam proses metabolismenya menghasilkan banyak radikal bebas yang akan mempercepatkan "penuaan".    



Saat menumis (pan prying) dengan api kecil atau sedang minimalkan penggunaaan minyak.  Lebih baik gunakan minyak yang menggunakan asam lemak tak jenuh tunggal/ganda (biasanya disebut pada label).  Gunakan minyak baru atau minyak yang bebas asam lemak jenis trans saat membuat gorengan.



Sedapat mungkin hindari margerin, biskut dan kuih-kuih kerana kandungan lemak transnya sangat tidak baik bagi kesihatan.   Lemak trans ini sangat berbahaya bahkan lebih berbahaya dari lemak jenuh dalam daging merah dan dikaitkan dengan timbulnya beberapa penyakit seperti kanker, aterosklerosis, jantung, kencing manis dan lain-lain.



Sebaliknya kita juga jangan kekurangan asupan lemak baik yang terdapat di dalam ikan laut, kacang-kacangan yang kaya dengan asam lemak essensial, iaitu Omega -3.  Makanlah ikan 
2 - 3 kali  sahaja per minggu.



ANTIOKSIDAN KUNCI ANTI-AGING


Sebahagian besar makanan anti-aging adalah makanan yang mengandungi antioksidan, 
Si pengempur radikal bebas perusak sel-sel tubuh dan yang menyebabkan seseorang menjadi tua. radical bebas itu terus menerus dibentuk oleh tubuh sehingga antioksidan pun diperlukan sepanjang waktu.


Segelas jus buah atau semangkuk buah segar berwarna untuk sarapan, secangkir lalapan sayur mentah saat makan siang dan secangkir sayuran saat makan malam dapat mencukupi kebutuhan antilksidan.  akan lebih baik lagi bila makanan selingan pun dipilih berupa buah segar, vitamin A. C. dan E.  adalah antiolsidan yang penting dalam regenerasi sel, termasuk  kolagen.


Produksi kolagen yang berkurang akan menurunkan massa otot termasuk otot jantung, padahal kalau massa otot menurun artinya tubuh jadi kendur, bukan?Selain itu, kulit menjadi kasar, kusam, bersisik, dan kering, tulang dan gusi gigi pun terganggu.


Maka hindari makanan cepat saji ( fast food ) yang miskin antioksidan, perbanyak asupan buah berwarna dan sayuran hijau merupakan pilihan yang baik dalam anti-aging.



MULAILAH DENGAN AIR PUTIH



Walaupun bunyi kedengarannya sepele, minum air putih tetap merupakan kebiasaan baik yang banyak sekali manfaatnya.  SetelahSetelah semalaman saluran pencernaan diistirehatkan, saat bangun tidur di pagi hari minumlah segelas air putih.



Anjuran untuk minum 2 liter air dalam sehari tetap perlu dipertahankan.  Air diperlukan untuk memperlancar pembuangan hasil-hasil metabolisme tubuh yang tidak diperlukan lagi melalui feses, air seni, dan keringat.  



Oleh kerana itu, jadikan kebiasaan berbekal air minum  ke mana pun pergi.



DIET HARUS DISERTAI AKTIVITAS FISIK



Menangkal proses penuaan ternyata dapat sidamakan dengan menghadapai musuh yang ulet dan tangguh.  Harus diserang dari segala penjuru secara kompak.  Semua hal yang mempunyai pengaruh dalam menangkal proses penuaan harus berjalan bersamaan.  Pengaturan pola makan, walaupun sangat ideal, namum kalau tidak disertai aktivitas fisik tidak menjamin tercapainya umur panjang yang berkualitas.



Aktivitas fisik yang cukup tentu akan memperlancarkan aliran darah.  Pada gilirannya, aliran darah yang lancar akan menjamin supply zat-zat gizi yang diperlukan oleh setiap sel tubuh untuk memperbaiki dan menggantikan sel-sel yang rusak sehingga regenerasi berlangsung dengan baik.



Disamping itu, aktivitas fisik menjamin pengeluaran energi sehingga kalori yang masuk melalui makanan menjadi seimbang dengan pengeluarannya.  Hasilnya, kelebihan berat badan atau kegemukan dapat dihindari.



Kita tentu tahu bahawa kegemukan merupakan penyebab berbagai penyakit dan mempercepat proses penuaan dengan terjadinya kerusakan sel-sel tubuh akibat peoduksi radikal bebasnya.

= dr nany leksokumoro - dr pelbagai sumber





No comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...